Pemuda adat Papua tolak kehadiran Tommy Suharto

Sekjen Pemuda Adat Provinsi Papua Yan Christian Arebo SH MA ketika berbincang dengan Ketua LMA Provinsi Papua Lenis Kogoya di ruangan VVIP Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (6/3)

Papuaunik, – Sekretaris jenderal (Sekjen) Pemuda Adat Provinsi Papua Yan Christian Arebo dengan tegas menolak kedatangan dan kehadiran Tommy Suharto ke Bumi Cenderawasih.

“Saya Sekjen Pemuda Adat Provinsi Papua Yan Christian Arebo SH, MH dengan tegas menolak kehadiran Tommy Suharto,” katanya di Jayapura, Papua, Rabu.

Menurut dia, kehadiran Tommy Suharto ke Papua dalam rangka peresmian kantor adat di Merauke dan sejumlah agenda lainnya di Wamena, Kabupaten Jayawijaya bisa merusak tatanan adat di kelompok pemuda dan masyarakat adat.

“Sudah pasti kehadiran Pak Tommy akan membuat perpecahan kaum muda dan masyarakat adat. Kami tidak mau terkontaminasi dengan kepentingan sesaat yang belum jelas arah pastinya,” katanya.

Mengenai pernyataan Ketua LMA Provinsi Papua Lenis Kogoya yang bersikap bahwa hanya mendukung Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019, Arebo mengaku sependapat.

“Kami sepakat bahwa Papua adalah basis Jokowi. Karen sebelumnya kami telah mengenal Jokowi bukan lainnya. Terpisah dari adat, Pak Lenis membentuk organisasi atau relawan Doa Jokowi Menang atua DJM, ini cara yang tepat untuk mewadahi suara politik, tidak dicampur aduk,” katanya.

Untuk itu, Arebo mengajak agar segenap masyarakat adat di Papua dan Papua Barat untuk tidak cepat termakan isu dan provokasi oleh pihak lain dalam pemilu nanti.

“Lihatlah dengan jeli dan bijak. Kalau saya lebih mendukung kepada yang pasti, bukan sebaliknya,” katanya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *