Kadinkes : Pelaporan TBC Mappi Terbaik

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Papua Aloysius Giyai

Papuaunik,-Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Papua Aloysius Giyai mengatakan sistem pelaporan tuberculosis (TBC) dari Kabupaten Mappi, terbaik di antara 28 kabupaten dan satu kota di provinsi setempat.

“Kabupaten Mappi menjadi satu kabupaten percontohan yang perlu diikuti oleh kabupaten lain. sistem pelaporan Tuberculosis (TBC)-nya bagus,” kata Aloysius di Jayapura, Selasa malam.

Hal ini terkuak dalam Worshop Perencanaan Logistik TBC Tahun 2020 di Provinsi Papua yang dilaksanakan Balai Penanggulangan dan Pengendalian AIDS, Tuberkolosis dan Malaria (ATM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papuadi salah hotel ternama di Jayapura.

Dalam momentum itu, masing-masing kabupaten mempresentasikan sistem pelaporan TBC yang dilakukan tiap bulan. Tapi juga menampilkan presentasi penemuan kasus baru TBC.

Menurut Aloysius, Mappi itu alam dan kondisi geografisnya sama dengan beberapa kabupaten lainnya, namun pelaporan TBC nya rutin tiap bulan, padahal daerah itu sulit sama dengan kabupaten lainnya.

“Kalau kita lihat, Kabupaten Asmat apa bedanya dengan Mappi, Kabupaten Mamberamo Raya, Waropen, Sarmi apa bedanya dengan Mappi,” katanya.

Mappi juga tergolong daerah rawa, sungai dan kali seperti kabupaten-kabupaten itu, tetapi bisa terobos semua dan pelaporan TB lancar tiap bulan.

“Kabupaten lain perlu belajar banyak dari teman-teman Mappi ini, karena mereka sukses, sistem pelaporannya bagus,” kata mantan Direktur RSUD Abepura ini.(Ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *