Dinkes Papua Latih 44 Kader Pengendalian Malaria

Kepala Balai Penanggulangan dan Pengendalian AIDS, Tuberkolosis dan Malaria (ATM)
Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua dr Beeri Wopari

Papuaunik,-Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua melatih sebanyak 44 kader pengendalian malarian yang direkrut oleh Dinkes kabupaten setempat dari masing-masing kampung di wilayah tersebut.

“Di Keerom, kurang lebih kami latih 44 kader kampung untuk pengendalian malaria yang disiapkan dari Kabupaten Keerom,”kata Kepala Balai Penanggulangan dan Pengendalian AIDS, Tuberkolosis dan Malaria (ATM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua dr Beeri Wopari di Jayapura, Rabu.

Beeri mengatakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom bersama pemerintah daerah kabupaten setempat, merekrut puluhan kader itu dari beberapa distrik dan setiap distrik ada utusan dari kampung masing-masing.

“44 Kader itu direkrut oleh Dinas Kesehatan Kabupaten setempat dan kegiatan itu dibuka oleh Bupati Keerom dan Sekretaris Daerah maka jelas menjadi program Kabupaten Keerom.

Menurut dia, Dinas Kesehatan Provinsi Papua hanya diundang untuk memberikan pelatihan kepada para kader. Pelatihan tersebut sudah berlangsung disalah satu hotel ternama di Abepura, Kota Jayapura.

Para kader ini dilatih untuk upaya pengendalian malaria, misalnya menggunakan kelambu, ataupun tanaman-taman pengusir nyamuk.

“Kemudian kita latih mereka juga untuk menegakkan diagnosa malaria, kita latih mereka agar kader mampu melakukan pemeriksaan malaria dengan alat cepat malaria di level kampung,” katanya.

Para kader ini juga akan dilatih untuk bisa memberikan pengobatan anti malaria di tingkat kampung agar warga terhindar dari malaria.

“Jadi kita latih mereka semua dengan harapan bahwa kader-kader ini bisa menjadi perpanjangan tangan atau bahkan mereka bisa menjadi petugas malaria untuk melakukan pengendalian malaria di kampung, tapi juga bisa melacak tempat-tempat perindukan nyamuk,” tambah dia. (Ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *