TMMD ke-104 dipusatkan di Kampung Yuwainda Keerom

Bupati Keerom M Markum (kiri) didampingi Danrem 172/PWY Kolonel Inf J Binsar P Sinaipar melihat pembangunan rumah dalam kegiatan TMMD ke-104 di Kampung Yuwainda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua

Papuaunik, – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-104 tahun 2019 kali ini dipusatkan di Kampung Yuwainda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

TMMD secara resmi telah dibuka oleh Bupati Keerom M Markum yang dihadiri oleh Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar P Sianipar dan Danlanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Tri Wibowo dan para tamu undangan pada acara pembukaan Selasa pekan kemarin.

Dengan mengusung tema ‘TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju, dan Sejahtera’.

Bupati Keerom M Markum dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan TMMD tersebut sesungguhnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan menetapkan kemanunggalan TNI dan rakyat melalui pembangunan fisik dan nonfisik.

Sasaran kegiatan TMMD dalam bentuk fisik adalah pembangunan rumah permanen tipe 36 sebanyak 10 unit dengan masing-masing rumah dilengkapi MCK. Dengan waktu pelaksanaannya selama 30 hari kedepan, atau dari 26 Februari hingga 27 Maret 2019.

Warga yang ikuti pengobatan massal di Kampung Yuwainda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua

“Adapula kegiatan non fisik yaitu penyuluhan bela negara, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian, dan penyuluhan keluarga berencana,” ujar Bupati Keerom.

Pada momentum itu, M Markum juga menyumbangkan dua unit mesin parut kelapa dan parut sagu kepada warga setempat.

“Jadi, dana yang diserap dalam kegiatan ini senilai Rp1,4 miliar lebih. Selain membangun 10 unit rumah lengkap dengan MCK-nya, juga ditambah tiga unit rumah dan hal lainnya,” katanya.

Kegiatan TMMD reguler Ke-104 di Kampung Yuwainda melibatkan unsur TNI, pemerintah daerah dan masyarakat.

“Guna membangun infrastruktur kampung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah yang menjadi objek pelaksanaan TMMD mengingat Kampung Yuwainda merupakan daerah terpencil, maka semua pihak dilibatkan terutama TNI,” tambahnya.

Anak-anak di Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua

TMMD ke-104 itu merupakan hajatan dari Kodim 1701/Jayapura yang pada tahun sebelumnya kegiatan yang sama di lakukan di Kampung Sach, kampung pemekaran dari Yuwainda, Distrik Waris.

Turut hadir dalam upacara Pembukaan TMMD Reguler Ke-104 Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Johanis Parinusa, Waaster Kasdam XVII/Cenderawasih D Soumokil, Kapolres Keerom, para danramil jajaran Kodim 1701/Jayapura, para Dansatgas Pamtas RI-PNG dan Forkompimda Kabupaten Keerom.

Selain acara digelar upcara pembukaan pada Selasa pekan kemarin, TMMD tersebut juga langsung digelar pengobatan massal yang diikuti oleh warga Kampung Yuwainda, Kampung Sach dan sejumlah warga dari kampung sekitar di Distrik Waris.

Anak-anak sekolah setempat juga diberikan pelatihan bernyanyi dan permainan dari pengurus Persit Korem 172/PWY dan pembagian makanan sehat. (Ian/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *