Bawaslu Gandeng Uncen Awasi Pemilu 2019

Pembantu Rektor I Universitas Cenderawasih Onesimus Sahuleka.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Jayapura, Provinsi Papua melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dengan Universitas Cenderawasih guna meningkatkan partisipasi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu nanti.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara Bawaslu Kota Jayapura dengan Universitas Cenderawasih berlangsung di Ruang Rektorat Universitas Cenderawasih itu disaksikan oleh Pembantu Rektor I dan komisioner Bawaslu Kota Jayapura Rinto Pakpahan pada Kamis (28/2).

Rektor Universitas Cenderawasih Apolos Safanpo ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Jumat, mengatakan ada empat faktar yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan pemilu pertama sistem atau tata cara pemilu, jika sistem dan tata cara itu berjalan dengan baik maka penyelenggaraan pemilu juga akan berjalan dengan baik.

Kemudian, kedua penyelenggara yang baik, jika penyelenggara pemilu itu melaksanakan tugasnya dengan baik maka proses pelaksanaan pemilu juga akan baik pula, selanjutnya tergantung para peserta dan konsestanya, terakhir tergantung dari pemilihnya.

“Kita tahu bersama bahwa penandatanganan nota kesepahaman kerja sama ini sebenarnya melibatkan semua perguruan tinggi yang ada di Kota Jayapura, melalu kerja sama ini nantinya Uncen akan membantu Bawaslu, dan memang semua kita menghendaki agar pemilu ini bisa berjalan dengan baik,” kata Pembantu Rektor I Universitas Cenderawasih Onesimus Sahuleka.

Selain berjalan dengan baik, kata dia, pemilu ini menghasilkan pemimpin yang baik, menghasilkan wakil rakyat baik untuk memimpin Kota Jayapura ini kedepan agar lebih baik.

Dunia pendidikan tinggi melaksanakan tiga tugas pokok yakni pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian, melalui momentum kerja sama itu ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan dalam rangka pengawasan pemilu tahun ini.

“Ini salah satu tugas pendidikan tinggi, dunia pendidikan tidak boleh menutup mata dari dinamika dan perkembangan masyarakat, khususnya pemilu yang akan dilangsungkan,” katanya.

Menurut dia, pendidikan tinggi juga harus membantu institusi-institusi lain khususnya Bawaslu Kota Jayapura, KPU harus bergandengan tangan untuk membantu sehingga penyelenggaraan pemilu ini dapat berjalan dengan baik.

Ia menambahkan, Universitas Cenderawasih adalah salah satu dunia pendidikan tinggi di Kota Jayapura, maka perlu bersinergi untuk melakukan pengawasan-pengawasan yang akan di lakukan di wilayah hukum Bawaslu Kota Jayapura.

Suasana hadirin yang menghadiri penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara Bawaslu Kota Jayapura dengan Universitas Cenderawasih

Hardin Halidin, komisioner Bawaslu Kota Jayapura mengatakan Uncen tentunya mempunyai sumber daya manusia banyak tapi juga berkualitas, untuk itu diharapkan memberikan efek terhadap pelaksanaan penyelenggaraan pemilu terutama di Kota Jayapura.

Menurut dia, nota kesepahaman kerja sama ini tidak hanya kepatuhan Universitas Cenderawasih untuk melaksanakan program nasional dalam hal ini pelaksanaan pemilu, tetapi kerendahan hati Uncen untuk bersama-sama mendengarkan hati rakyat terhadap banyaknya pelanggaran pemilu,

Selanjutnya, banyaknya kelalaian-kelalaian terhadap kesalahan-kesalahan dan pelanggaran pemilu, kehadiran Uncen itu bisa membantu menyelesaikan berbagai persoalan itu dengan hadirnya Koalisi Kampus.

Selain itu, kehadiran Uncen juga sebagai Universitas terbesar di Papua dan juga tertua diharapkan bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi pelaksanaan pemilu nanti nanti.

Sementara itu, Ketua Koalisi Kampus Marudut Hasugian mengatakan pada prinsipnya kerja sama itu merupakan salah satu bagian dari pengabdian kepada masyarakat dan juga penelitian.

“Jadi nantinya terkait dengan pendidikan politik terkait pemilu khususnya di Kota Jayapura nantinya kita akan buat dalam bentuk buku, jadi dua buku akan kita buat dalam konteks pemilihan umum di Kota Jayapura juga akan bermuara tentang perkembangan politik di Jayapura,” tambah dia. (Ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *